Solar batre box

Sedikit review iseng mengenai solar cell batre box. Barang lama yang cukup membantu.

Kenapa lama? Karena saya sudah memilikinya hampir 2 thn lalu.

kenapa baru direview? Karena namanya juga iseng. Dan karena kurasa hampir semua orang ingin gadget yang dimiliki bisa sewaktu2 digunakan tanpa takut habis batre, malas charge seperti saya dan termasuk kategori murah.

dari kiri ke kanan adalah batre box tipe 1, batre box tipe 2 dan iphone 2g saya.

perbandingan panjang

perbandingan tebal nya

Sedikit ilmu pengetahuan

Solar cell sebenarnya memiliki produktivitas dan efisiensi yang rendah. Efisiensi sekitar 13-23 persen. Jadi kalau anda menjemur batre box selama 1 jam maka yang tersimpan adalah sekitar 15persen saja.

Solar cell yg saya review berbeda dengan solar cell untuk rumah yang ukuran besar dan watt besar atau yg pada kalkulator. Solar cell yg digunakan pada batre box ini hanya mau menerima sinar matahari saja tidak seperti yg digunakan pada kalkulator.

Solar cell terbaik yang pernah ditemukan adalah solar cell yang digunakan pada satelit. Dengan efisiensi terbaik, harga mahal dan berat.

Kenapa solar cell menarik? Kl pertanyaan ini sepertinya susah dijawab ya. Karena setiap orang memiliki jawaban yang berbeda2.

Kalau ditanya gunanya buat apa?

– buat charge device anda kalau low batt. Lumayan buat nambah power dikit. Kenapa dikit karena tidak sampai full pada device baru saat ini dan juga karena berbagai hal seperti power loss.

Kapasitas berapa?

– 1200 mah dan 2600 mah. Sebenernya ada 2 jenis lg cuma karena sudah dibongkar dan ampere sama jadi tidak saya masukkan juga. Yang berbeda hanya ukuran solar cell dan jenis solar cell nya.

Kelebihannya apa?

– ada solar cell. Jadi cuma perlu dijemur untuk mengisi batre incase anda jauh dari yang namanya listrik. Yang pasti juga bisa dicharge melalui listrik untuk mempercepat pengisian batre internal

Apakah reliable dan berguna

– silakan simpulkan sendiri setelah membaca review saya.

Kenapa saya membutuhkan solar cell?

– lokasi anda selalu dapat cahaya matahari hampir sepanjang hari. Selain itu adalah anda jarang berhubungan dengan listrik atau jauh dari listrik.

Apakah anda membutuhkannnya?

– tergantung pekerjaan anda dan aktivitas anda. Kl kerjaan anda dikantor maka saya yakin anda tidak akan membutuhkannnya.

Kl kerjaan anda diluar kantor maka anda akan sara rasa sangat membutuhkannya. Tetapi itu juga tergantung faktor lain. Anda naik mobil atau motor.

Kl naik motor maka solar cell ini berguna. Naik mobil sebaiknya buang pikiran jauh2 untuk memilikinya kecuali untuk iseng ayau untuk gaya atau sekedar go green saja.

Kenapa?

– silakan baca sedikit informasi mengenai efisiensi solar cell ini. Terkena sinar matahari secara langsung saja cuma sekitar 15persen. Kl anda naik mobil dan ada windshield + kaca film. Silakan dikira2 aja kurang lebih efisiensi jadi berapa persen.

Solar cell tipe 1.

Fresh from the oven. Kenapa? karena baru datang beberapa hari yang lalu. Bentuk kecil. Kapasitas kecil tapi cukup untuk menaikkan kapasitas 50-100% pada umumnya tergantung jenis hp dan kapasitas batre pada hp.

Bisa masuk ke kantong. Dari seller yg recomended dan tentu saja disc 50% karena lagi promo.

tampak depan

tampak samping

tampak belakang

pilihan warna yg tersedia

kelengkapan terdiri dari solar batre box, manual, 1 konektor mini usb ke usb female dan 1 konektor male-male pendek

tampak depan

tampak belakang

slot mini usb letaknya disamping

dalam keadaan silikon dilepas

mini usb ke usb female

usb male – male

indikator led. tebak berapa posisi saat ini

jika disambung dengan kabel data maka bisa sangat panjang nih. ada tambahan 15cm.

sedikit review :

bentuk kecil, harga standar. kenapa harga standar. kalau lagi tidak promo maka harga terbilang standar sampai ke premium. tergantung tingkat keuangan anda.

dipatok dengan harga 188rb dengan kapasitas batre 1200mah dan ukuran solar cell yg cukup kecil bagi saya. tapi dengan sedikit asumsi bisa di taruh kedalam kantong maka saya mulai memikirkan untuk membeli.

perlu diingat bahwa semakin kecil ukuran solar cell maka semakin lama kita perlu menjemur nya supaya dapat menjadi full.

input dan output terletak pada slot yang sama yaitu sebuah mini usb. untuk input saya kan sangat bersyukur karena mini usb.

sedangkan untuk output saya sangat menyesal digunakan slot mini usb. kenapa? karena jikalau kabel bawaan rusak maka anda akan kesulitan mencari unit penggantinya.  selain itu alasan kedua adalah anda perlu membawa kabel ini supaya dapat mencharge unit/device anda. kalau anda lupa maka sia-sialah anda membawa solar batre box. tetapi setelah membongkar solar batre box ini maka saya menemukan bahwa tidak ada ruangan lagi. mungkin bisa diakalin dengan menggunakan slot usb putar/flip jika tetap ingin mengunakan usb female

selain itu terdapat 4 buah lampu led untuk menentukan kapasitas dan proses charging.  jika switch di pindah ke output maka lampu akan menyala dan menandakan kapasitas batre internal.

jika switch dipindah dan dilakukan pengisian maka lampu akan berkedip dan berjalan. yang dimaksud berjalan adalah lampu akan bergantian menyala.  nyala lampu yg dihasilkan cukup terang.

proses charging menggunakan usb pada komp adalah sekitar 2-2,25jam. seharusnya jika menggunakan charger akan sekitar 1-1,5jam. cukup cepat.

yang jadi sedikit kekecewaan saya adalah pada malam hari saya melakukan full charge. setelah penuh saya lepas dan saya diamkan. keesokan pagi saya coba nyalakan. maka yg terjadi adalah lampu hanya menyala 3 dari 4 buah lampu. entah karena defect atau memang ada power loss. asumsi saya tinggal dari full charge sampai di nyalakan kembali adalah 12jam.

karena penasaran saya coba berulang-ulang dan memang begitu. tidak pernah mendapatkan full 4 led menyala meskipun saya charge 3 jam menggunakan usb komp.

dengan hanya tersisa 3 lampu led saya coba charge bb javelin saya yg menunjukkan indikator 10%.  setelah selesai charge maka indikator menunjukkan min 55% dan max 70%. (pengujian dilakukan berulang-ulang supaya lebih akurat). berapa lama proses charging? kurang lebih sekitar 2jam.

penggunaan silikon pada bagian samping sebenarnya baik. karena jika digenggam menimbulkan kesan tidak licin apalagi di masukkan ke dalam kantong celana. tetapi sekaligus buruk karena silikon seperti terlalu besar dan tidak mengikat. sehingga mudah copot.

sedikit informasi jika ingin dicharge tanpa bergantung pada listrik (ingin full menggunakan cahaya matahari) maka silakan jemur selama 30jam minimal dengan cahaya matahari full. full dalam artian seluruh bagian terkena matahari. lama karena solar cell kecil dan output yg dihasilkan juga kecil

Kelebihan :

– bentuk kecil.

– bisa masuk kantong.

– desain menarik dan unik.

– ada indikator batre (sangat berguna sekali).

– proses charging cukup cepat.

– adanya switch.

– ada pilihan warna.

– bisacharge hampir 100%pada device tertentu.

Kekurangan :

– karena bentuk kecil otomatis ukuran solar cell juga kecil

– output mini usb.

– kapasitas kecil.

– Input dan output pada lokasi yg sama jadi tidak memungkinkan untuk dijemur sambil charge

– adanya power loss yg lumayan yaitu sekitar 20%

– silikon mudah copot.

– konektor yg diberikan minim dan konektor yg diberikansebaiknya jangan sampai ketinggalan

Solar cell tipe 2

Ini adalah solar cell ketiga yang saya punya. Sedangkan solar cell tipe 1 tentu saja adalah solar cell keempat. dengan bentuk yg besar dan ukuran solar cell yg besar. solar cell tipe ini tetap tidak bisa mengalakan solar cell tipe 1. kenapa? karena yg besar hanyalah solar cell saja. kalau diandaikan mungkin seperti orang bertubuh besar tetepi sedikit tolol. selengkapnya baca review singkat.

dari kiri ke kanan (output usb, led untuk charge (merah) atau discaharge (hijau), switch, lampu led)

slot untuk charge batre box

box akrilik

kelengkapan yg disertakan

sedikit review :

badan besar tidak berati kemampuan besar. terbukti dengan adanya batre internal 2600mah dan ukuran solar cell yang besar tidak mampu mengisi bb jave saya sampai minimal 40% dari posisi 10%.

sedikit keunikannya adalah adanya 2 slot yg berbeda. satu untuk mengisi batre internal selain dari solar cell dan satu lagi adalah slot output yg berbentuk usb female. selain itu adalah bisa dilakukan sekaligus proses input dan output. anda cukup memasukkan kabel data untuk charging device dan jemur solar batre box ini.

device ini memiliki 1 buah lampu led sebagai senter. dan menyediakan berbagai jenis connector dan charger dengan harga mirip denagn tipe 1.

kekurangan unit ini tentu sangat banyak : pertama adalah power loss yg hampir mencapai 70%. ini saya tarik kesimpulan karena batre yg kurang baik dan rangkaian yg asal sehingga meskipun ada switch on off tetapi seperti tidak ada fungsinya selain menyalakan 1 buah indikator lampu dimana hijau on, dan merah melakukan proses charging melalui solar cell.

bagaimana dengan indikator jika charge batre box ini melalui slot bulat? hanya indikator lampu nyala tetapi internal batre tidak menyala. mau dicoba colok charger 3 hari 3 malam maka ketika digunakan ntuk charge device hanya naik sekitar 20-30% saja. mau dijemur seminggu juga sama.  cuma sedikit lebih baik tidak 20-30%.  jadi sebenarnya saya bingung slot ini diciptakan untuk apa. untuk charging tidak bisa. untuk mencharge device sama saja. dibongkar sudah. cuma karena tidak begitu megerti elektronik jadi ya cuma untukmelihat bagian dalam saja

jikalau kempuan bagus maka saya akan mengambil dan memilih batre box tipe ini. kenapa? karena kelengkapan, kapasitas dan cell yg besar. tetapi sepertinya masih jauh dari harapan adanya solar batre box yg baik.

Kelebihan :

-Kapasitas besar

– Solar cell besar

– Ada senter.

– warna warni modelnya

– Slot input dan output berbeda

Kekurangan :

– Batre tidak bagus

– Rangkaian penyimpanan jelek

– bentuk besar.

– tidak ada lampu yg menunjukkan informasi batre full atau kapasitas sekarang.

NB : saya sebenarnya sudah memiliki solar batre box lainnya. tetapi karena saya memiliki nya diawal dan saya bongkar maka tidak ikut saya review

yang berbeda hanyalah ukuran solar cell dan jenisnya dibandngkan dengan yang saat ini saya review. sebenar nya saya ingin membeli solar cell merk bagus (dengan range harga 500-700rb) untuk direview.tetapi berdasarkan pengalaman akan 4 buah solar batre box, maka sebaiknya saya tunda dulu sampai benar-benar max.

Kesimpulan paling akhir :

– tergantung anda masih menginginkannya atau tidak.

Bagaimana kalau menurut saya (penulis)

– urungkanlah niat anda memiliki sebuah solar batre box. lebih baik anda membeli yg berdasarkan listrik dan dengan kapasitas besar agar cukup untuk mengisi seluruh device anda sampai anda menemukan power kembali. solar cell tipe yg digunakan adalah solar cell yg hanya menerima dari sinar matahari saja. tidak bisa menerima dari sinar buatan selain sinar matahari.

next project mungkin adalah mencabut batre dan solar cell dari unit 1 untuk diganti solar cell dari unit kedua dan batre dengan kapasitas besar.

kalau anda pernah melihat dijalan ada tas backpack dengan 2 buah solar cell itu adalah mungkin saya. saya menanamkan solar cell ke dalam tas saya bukan untuk mencharge kapasitas batre internal untuk persiapan emergency tetapi untuk mencharge portable charger saya.  jauh lebih berfungsi jika saya tanamkan sehingga saya tidak lupa dimana saya menjemur solar batre box saya. selain itu saya menempatkan 2 buah solar cell yg berbeda. mengapa? agar ketika mendapat cahaya matahari atau chaya buatan, solar cell tetap bekerja. istilahnya adalah sekali tangkap 2 nyamuk mati.  karena jika tidak begitu maka solar batre box ini kurang terpakai karena masih ada nya power loss.

solar cell yg terdapat pada tas saya

lampu menyala. pasti tersinari cahaya lampu. sebelah kiri adalah untuk input. kabel usb tipe apa saya lupa. sebelah paling kanan adalah output.

2 Comments (+add yours?)

  1. ilhamuda
    Jan 22, 2013 @ 22:06:07

    nice review

  2. Eris hariyanto
    Jul 08, 2013 @ 10:55:40

    Info yang bagus.
    Makasih.. nambah2 pengetahuan.

Leave a Reply

