Bromo

ini info dari rekan-rekan yg sudah kesana. bukan saya ya

Saya pengin menambahkan sedikit info yang barangkali berguna buat temen temen yang punya rencana jalan ke bromo. Kebetulan saya pernah beberapa kali ke bromo, baik dengan ikut tour yang….hmmm lumayan…sampe yang backpacker. Tapi menurut saya lebih asik dan mengesankan dengan cara backpaker.

Saran saya…kalo berangkat dari jakarta….ambil kereta malam baik yang bisnis seperti Jayabaya….ato yang eksekutif kaya argo bromo/bima/sembrani…. Sampai surabaya pagi…..mandi dan sarapan di stasiun….. trus naik kereta ke probolinggo. Saya sarankan naik kereta saja….karena perjalanan bis….sering macet ( ada lapindo). Dari surabaya ada beberapa kereta jurusan jember ato banyuwangi lewat probolinggo yang berangkat pagi…Tapi karena di surabaya ada beberapa satasiun (semut,ps turi, gubeng) tolong pastikan ke petugas…dari mana kereta2 tsb berangkat. Karena kA dari jakarta berhenti di stasiun ps turi ato gubeng)

Setelah sampe probolinggo…..naik beca ke terminal (tdk jauh dari stasiun) dan ambil kendaraan umum (sejenis colt ke cemoro lawang). Jangan kaget….. klo naik angkutan ini….penumpangnya paadet banget….lebih baik usahakan duduk di samping supir….(biar gak pegel…haaaa).

Sampe di cemoro lawang banyak penginapan. Yang terkenal ya….Lava View Hotel (0335541009)…ada lagi Yoschi Guest House (033-5541018)…Bromo Permai Hotel (033-5541049)….Cemara Indah Hotel (033-5541019). Rata rata hampir sama harganya….. dan menyediakan kamar untuk backpacker…

Untuk naik bromo…..biasanya berangkat pagi pagi…. Ada minimal 2 hal yang harus diliat di Bromo, yaitu : 1. Puncak Penanjakan dan 2) Kawah Bromo. Biasanya pengunjung ke puncak penanjakan dulu….nunggu matahari terbit….baru ke kawah bromo. Untuk ke 2 tempat tersebut…bisa sewa hartop… Terakhir saya sewa harto untuk tujuan 2 tempat tsb Rp 300.000. O ya….. untuk ke kawah bromo…hartop hanya mengantar sampai candi (dilautan pasir) untuk lanjut ke atas…bisa naik kuda….atau jalan kaki. Banyak penyewaan kuda plus penuntunnya….di tempat hartop berhenti.

Ok….itu sedikit info dari saya…mudah mudahan berguna
—————
nambahin ajah nih…klo mau yang lebih mudah secara transportasi
klo naik kereta bisnis ato ekse..mending cari kereta yang turun stasiun
gubeng ato semut (KA Bima gambir-surabaya gubeng) ato yg ekonomi (KA
gayabaru malam selatana jkrtakota-gubeng)….nah dari gubeng ) semua kereta
itu nyampe gubengnya pagi….trus tinggal tanya petugas, kereta yang ke
probolinggo…(bisa naik KA sritanjung jurusan banyuwangi)
soalnya klo turun pasarturi….sepengetahuan saya gk ada kereta yg ke arah
timur (probolinggo,bnyuwangi dll) so naik angkot dulu ke gubeng, bisa ribet
ntar..hehehe
klo dari gubeng kan gk pake pindah stasiun….gitu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s