LG Cookie Review

Akhirnya…….Kesempatan datang juga untuk review LG Cookie.

Handphone terbaru keluaran LG diberi nama LG Cookie dengan tipe KP500. Mengapa diberi nama cookie? Apakah karena mirip dengan cookie atau kue?

Bukan… bentuk tidak menyerupai kue tetapi diberi nama cookie karena LG ingin menjual HP ini ke kalangan menengah kebawah.

Kenapa menengah? Saya juga kurang jelas tetapi misi nya memang ditujukan untuk kalangan menengah kebawah.

First impression after open the box.

Standar sih kelengkapannya. Isinya :

– handphonenya sendiri

– batre

– kabel data

– hf

– charger

– buku

– cd

– screen protector (mana ada vendor hp touch screen yang kasih screen protector,yang saya tahu cuma palm saja. Barang kecil yang penting tetapi sering dilupakan. Screen nya sih kurang bagus karena mudah sekali tergores tetapi ya lumayan daripada tidak dapat sama sekali.)

img_0314

Design

Ini hp tipis n ringan, bahkan waktu pegang pertama kali saya takut jangan-jangan ini hp mainan n cepet rusak lagi.

Tetapi ternyata tidak seperti yang saya bayangkan.

Design minimalis hanya ada tombol telp,matikan telp dan tombol menu pada bagian depan.

Selintas dilihat mirip iphone hanya lebih kecil n tipis n ada tambahan 2 tombol untuk telp.

img_0316

img_0318

Ketebalan ini hp cuma 2x batre BL 5C. Bahkan tidak sampai 2 kalinya sih paling 1,75 kalinya. Tipis kan.

img_0317

Batre yang diberikan adalah 900mah. Cukup kecil untuk hp berlayar tunyul-tunyul dan fitur-fitur seperti ini tetapi cukup awet tuh. Dipakai 2 hari lebih tembus. 818pro dan treo 750v saya saja max 2hari. Bahkan biasa belum 2 hari sudah minta minum darah lagi eh salah…. listrik maksudnya

img_0323

Interface

Menunya oke sekali. Kalau ada yang pakai ppc wm 6.1 dan pernah coba touch flo atau mungkin iphone. Persis sama. Keren.

Cuma sayang ini menu akses sedikit memusingkan kalau baru pertama kali. Mungkin karena kurangnya penyesuaian aja.

Ada fitur shake tapi cuma berguna buat main game aja…mengecewakan sekali fitur bagus yang tidak benar-benar diterapkan.

Fungsi

Pasti pada nunggu kan fungsi apa aja nih yang ada.

1. Touch screen

Touch screen pada LG ini cukup responsif tapi sebelum pasang screen protector. Setelah pasang kok jadi kurang begitu responsif ya atau hanya perasaan saya saja nih.

Bahkan ketika saya coba menulis notepad…. 1 kata saja. Mengecewakan.

Saya harus menekan dengan keras baru tertulis di layar. Sedikit penyesalan saya adalah tidak mencoba dulu sebelum pasang screen protector karena satu alasan yaitu takut layar gores.

2. Shake

Fitur yang berguna HANYA pada saat main game saja. Karena saya tidak menemukan cara menggunakannya selain untuk game. Didus juga ditulis untuk game jadi kecewa deh.

img_0319

Sepertinya juga ini hardware shake agak stuck deh jadi kadang-kadang harus diulang-ulang baru pindah kalau tidak ya ga jadi landscape. Tapi kalau sudah berfungsi maka selama beberapa saat berfungsi normal. Shake yang aneh….

Dan baru saja saya ketahui kalau ketika kita menulis sms dan browsing internet dan layar kita miringkan maka akan jadi landscape. Tetapi Cuma bisa miring ke kanan saja tidak bisa sebaliknya

3. Radio

Lumayan ini hp ada radionya. Buat membunuh waktu. Tapi harus pasang hf supaya berfungsi. Saya rasa di hp lain juga sama sih. Kualitas ya standar sih emang mau gimana lagi semua radio mah sama saja.

4. Kamera

Tertulis kamera 3.0 mpix tetapi kualitas……. jangan diharapkan deh. Bisa kecewa apalagi dalam ruangan kamar. Warna yang dihasilkan jadi kehijau-hijauan. Tetapi jika pada outdoor dan cuaca bagus maka hasil juga bagus.

Fitur kamera ini tidak ada autofokus, macro, zoom. Hanya standar saja.

Cuma ada fitur sephia, black n white, dll fitur standar sih

5. Video

Video sih saya coba masih lebih baik sedikit daripada kamera. Dalam ruangan kamar hasil masih okelah.

6. Media Player

Media player suara cukup oke. Treble terlalu keras, bass tidak terdengar sama sekali. Kalau volume kita full kan maka suara akan SEDIKIT pecah. Cuma sedikit saja. Tidak terlalu pecah kok.

7. Menu

Menu pada LG cookie ini cukup unik. Ada 2 pilihan menu. Yang 1 berisi widget dan yang satu lagi berisi quick call (atau bisa juga disebut speed dial)

Pergantian dari menu 1 ke menu 2 tinggal kita geser saja ke kiri dan kanan seperti pada touchflo atau iphone. Kalau kita klik widget maka dia akan membesar dan menampilkan informasi lengkap sedangkan kalau tidak digunakan dia akan mengecil dan menampilkan info seadanya saja.

8. Aplikasi dan Game

Ini sebenernya yang saya tunggu-tunggu. Kenapa??? Karena saya suka dengan aplikasi 3rd party dan juga game-game. Lumayan untuk menghabiskan waktu ketika menunggu di mobil atau menunggu di mall atau hanya sekedar menghilangkan stress.

Hampir kita tahu bahwa rata-rata atau pada umumnya HP LG susah diisi program. Tapi tidak lagi pada LG Cookie. LG Cookie ini dapat menerima program java. Jadi lumayan banyak aplikasi yang sebenarnya bisa dimasukkan HANYA kendalanya adalah pada ukuran layar yang tidak umum. Jadi ya agak susah cari program yang cocok untuk ini HP. Cocok-cocokan deh. Oh ya, install programnya juga harus OTA baru bisa. soalnya saya coba via bluetooth atau via card reader ga mau dianya. tidak dikenal filenya.

Kelebihan :

Touchscreen

Shake

Radio

Kamera 3.0 mpix

Paket lengkap dan hemat karena semua sudah ada dan tidak perlu menambah uang lebih dalam lagi untuk kabel data dan screen protector

Ada slot memory card. Support sampai 8gb lho

Tipis dan Ringan

Kekurangan :

kurang responsif touchscreennya

shake tidak begitu berguna kecuali pada game

kamera pada ruangan jadi hijau (green goblin atau hulk nih)

bahan kurang kokoh

Untuk sementara ini dulu deh review saya. Nanti kalau ada waktu dan sudah saya oprek lebih jauh nanti saya buat part 2 nya.

Dapat hp hari sabtu tetapi baru bisa pakai minggu sore karena kesibukan dan senin selasa saya ke jakarta jadi review baru bisa sekarang dan hanya sekedarnya dulu deh. Nanti dilanjut lagi kalau nyawa sudah kembali.

BTW, menurut saya sih ini hp kurang worthed untuk dibeli ya karena fitur kurang menarik dan di harga 2-3 juta saya lebih memilih PPC  2nd sebagai pilihan 1 atau PALM  2nd pilihan ke 2.

Ada yang mau menampung ini hp di bulan januari? Kalau mau silakan siapkan dana 3juta. 3 juta kurang juga saya lepas deh. Ini sebenernya yang punya beli 1,5 juta dari LG tetapi karena berbagai hal dan lain-lain maka sampai tangan jadi tinggi nih. Tapi lumayan jadi 300 orang indonesia pertama yang coba selama 1 bulan.

link video

lg unboxing

lg games

shake control

hand reconition

full review


Thx

Leave a Reply

